font jalan

"Selamat Datang di dapur-er, Tempat Curahan Cerita Hasil Dapurku, Selamat Menikmati".

Rabu, 15 Juni 2011

Whoopie Pies


"Whoopie!!!!!"
Kue tradisional yang diklaim berasal dari Pennsylvania ini bikin aku penasaran sejak pertama baca resep dari host. Berulang-ulang dibaca semakin penasaran untuk dicoba dan dibayangkan rasanya. Hmmmm gak salah juga tema kali ini rasanya memang bener-bener gak mengecewakan bahkan jadi ketagihan untuk gak cuma sekali bikinnya. Lembut di dalam karena buttermilk-nya dan penampakannya seperti cookies.
Aku bikin 2 rasa dari resep host, coklat dan pandan. Yang pandan, coklat bubuknya aku ganti dengan maizena dan susu bubuk serta tambah pasta pandan.
Sebenarnya ada sedikit masalah saat pembuatan fillingnya, hasilnya kurang kental, jadi pas dioles fillingnya 'mbleber' terus. Wwehh bingung nih mo diapain biar bisa set, akhirnya aku campur saja dengan whipcream bubuk + air es yang dikocok, dan hasilnya bisa set juga. Mungkin ini yach kalo suka ragu milih filling, awalnya mau pake ganache saja tapi pingin coba juga filling asli dari si whoopie ini, gimana rasanya. Menurut aku hasilnya tetep enak kok ;).
 
Resep whoopie :
125 gr unsalted butter (aku pake margarin saja)
200 gr brown sugar (aku pake gula pasir)
1 btr telur
1 sdt vanila
280 gr terigu
40 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam (aku ga' pake)
250 buttermilk (aku cuma pake 200 ml saja dari susu segar + air jeruk nipis)
 
Filling :
200 gr cream cheese (aku pake yang gadungan)
125 gr unsalted butter (margarin)
200 gr icing sugar
1 sdt essence vanila
2 sdm susu cair
 
Cara :
  1. Campur rata tepung, baking powder, soda kue, coklat bubuk, sisihkan.
  2. Kocok margarin dan gula sampai putih dan mengembang, tambahkan telur dan vanili, kocok.
  3. Masukkan campuran terigu dan buttermilk, kocok sampai rata.
  4. Cetak dengan sendok dan letakkan di atas loyang datar yang sudah dialasi kertas roti. (yang pandan aku pake cetakan pie bentuk hati).
  5. Panggang kurleb 12 menit/sampai atasnya membal saat disentuh.
  6. Filling : Kocok semua bahan sapai mengental dan tercampur rata.
  7. Oles filling pada satu buah pie, kemudian tutup dengan satu buah pie kembali. Siap dinikmati.
Note :
Jangan over waktu pemanggangan, hasilnya jadi kaya cookies.