font jalan

"Selamat Datang di dapur-er, Tempat Curahan Cerita Hasil Dapurku, Selamat Menikmati".

Minggu, 20 Januari 2013

Lapis Jeruk Putih Telur



Salah satu pilihan cake kukus dan juga untuk menghabiskan simpanan putih telur biar gak mubazir. Hasil cakenya empuk dan gak membal banget seperti khas-nya cake putih telur biasanya. Rasanya juga uenak. Sayangnya gak semua penghuni rumah suka karena ada rasa sedikit asam jeruk dan juga selai jeruknya. 

Dari resep aslinya lapis jeruk ini ada 3 lapisan, tapi karena aku cuman bikin 1/3 resep saja jadinya cuma 2 lapis biar gak terlalu tipis hasilnya.

Yang punya stok putel banyak, monggo dicoba resep dari Ny. Liem yang aku dapat dari mba Ani ini, dijamin gak bakalan nyesel dech sama hasilnya.

Lapis Jeruk Putih telur Kukus

Bahan : 
500 cc putih telur
300 gr gula pasir
300 gr terigu
125 cc air
15 gr emulsifier
1/2 sdt garam
100 gr butter
1 sdm sunquick/lemon pasta/orange pasta (aku pakai sirup ABC rasa jeruk)
1 sdt BP
2 sdm susu kental manis
pewarna : hijau, kuning, jingga (aku pakai kuning dan oranye)
selai untuk lapisan : selai nanas/jeruk/lemon (aku pakai selai lemon)

Cara :
1. Panaskan kukusan
2. Siapkan 3 buah loyang  22 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin (aku pakai loyang brownies 19 cm)
3. Kocok gula, telur, emulsifier s.d kental
4. Masukkan terigu dan BP, aduk rata
5. Masukkan air, mixer dengan kecepatan sedang
6. Masukkan butter, susu kental manis, aduk rata
7. Bagi 3 adonan, beri warna 
8. Masukkan loyang, kukus masing2 adonan kurleb 15 menit
9. Angkat, biarkan dingin
10. Susun cake dengan olesan selai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar