font jalan

"Selamat Datang di dapur-er, Tempat Curahan Cerita Hasil Dapurku, Selamat Menikmati".

Kamis, 14 April 2011

Bolu Kukus Strawbery


 
Bolu kukus ini aku buat karena pingin sekali ikutan week-week an yang diadakan di millis NCC, secara sudah ikut jadi member ncc tapi kok ya pasif-pasif saja cuma mantengin hasil karya teman-teman tok, lha trus tergugah hatiku pingin banget ikutan saat ada bolkus week ini. Dan tahu gak teman-teman ternyata ini juga lho yang mendorong kuat keinginanku untuk bikin blog juga, insya Allah ini blog tempat aku me-narsis-kan hasil dari dapur aku yang masih nul putul ini (jauh banget dari blog-blog teman-teman yang pastinya dah pada TOP BGT).

Bolu kukus ini juga untuk memenuhi permintaan juragan kecilku (si sulung Fariz) yang beberapa hari ini sudah merengek karena mamahnya lama gak buatin cemilan buat dia, katanya "mah, kapan-kapan bikin kue lagi ya, aku dah pingin kue bikinan mamah" jawabanku selalu "siap juragan" he..he...permintaan anakku memang paling susah buat kujawab tidak. Lha pas bikin bolkus ini, pas juga ada sepupu main ke rumah, ya wis sekalian buat suguhan saja dan sedikit buat buah tangan untuk dibawa pulang.

Bolkus ini resepnya aku dapat dari tabloid koki yang resep aslinya adalah bolu kukus anggrek, tapi karena di rumah lagi ga ada pewarna ungu jadi aku modif aja jadi bolu kukus strawbery karena pewarna ungunya aku ganti dengan pasta strawbery dan sedikit pewarna merah muda. 
Yang pingin resepnya nih ...

BOLKUS STRAWBERY

Bahan :
Gula Pasir 500 gr
Terigu 500 gr
Telur 4 butir
Air soda 350 ml
Ovalet 1 sdt
Vanili 1 sdt
Susu bubuk 1 sdm
Pasta strawbery 1 sdt
Pewarna makanan merah muda 1 sdt

Cara :
1. Campur semua bahan, kocok sampai dengan mengembang.
2. Tuang adonan di cetakan bolkus yang sudah dialasi cup kertas.
3. Kukus dengan api besar sampai dengan matang (kurleb 20 menit).

Tipsnya : Adonan harus kaku banget sampai agak susah saat dituang di cetakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar