font jalan

"Selamat Datang di dapur-er, Tempat Curahan Cerita Hasil Dapurku, Selamat Menikmati".

Kamis, 14 April 2011

Zebra Cake Putih Telur


Ceritanya ada sisa putih telur banyak banget dan pingin dibuat sesuatu yang lain yang belum pernah kubuat. Bolak-balik buku resep, eh lha ketemu sama resep zebra cake putih telur punya mbak Rina Rinso. Kulihat sepertinya semua bahannya di rumah masih ada jadi gak perlu keluar rumah buat beli. Langsung timbang-timbang bahan dan angkat mikser mulai dech perangnya (he...he...perang melawan tepung, telur, gula, mentega) dan hasil kemenangannya buat dinikmati sekeluarga. Asyik...asyik kata si sulung karena mamahnya bikin cemilan lagi...(huh emang anakku yang sulung ini doyan makan sekali, apapun makanan yang kubuat pasti bilang enak dan mau lagi..). 

Balik lagi ke cake ya, ternyata hasilnya empuk lho mesti pakai putih telur tok. Oh ya ada sedikit insiden nih pas bikin ini cake, ceritanya margarinku ga mencukupi buat 1 resep jadi kekurangannya aku tambahin pake minyak goreng saja sampai ukurannya sesuai dengan di resepnya, dan ternyata gak ngaruh ke hasilnya kok, tetep ok rasa dan rupanya. 
Nih resepnya..

Zebra Cake Putih Telur

Bahan :
400 cc putih telur
200 gr gula pasir
1 sdt SP
200 gr blueband, cairkan
175 gr terigu
25 gr maizena
1 sdm coklat bubuk/pasta 

Cara :
  1. Putih telur dan SP dikocok sampai mengembang.
  2. Masukkan gula pasir sedikit sedikit sambil terus dikocok.
  3. Masukkan terigu sedikit sedikit sambil diaduk rata.
  4. Masukkan blueband cair, aduk rata.
  5. Bagi menjadi 2 adonan, satu bagian beri coklat pasta/coklat bubuk (boleh juga pasta lain sesuai selera aja).
  6. Tuang adonan putih sedikit, lalu tuang adonan coklat. Tuang lagi putih, lalu adonan coklat. Begitu seterusnya sampai adonan habis. (Penuangan adonan harus tepat di satu titik tengah).
  7. Panggang sampai matang (kurleb 30 menit) dengan suhu 180 derajat celcius. 
  8. Angkat. Sajikan.